Expo MBKM 2023 “Never Stop Innovation”

  1. Home
  2. /
  3. News
  4. /
  5. University
  6. /
  7. Warek3
  8. /
  9. Expo MBKM 2023 “Never Stop Innovation”

Pada tanggal 17 Juni 2023, Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penerapan Riset berhasil menyelenggarakan Expo Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM) dengan tema “Never Stop Innovation” di Taman Mangga Sumbawa. Expo ini menjadi momen penting karena juga menjadi acara penarikan mahasiswa MBKM dari Program Merdeka, Preneurship, UTS Mengajar, dan Internship. Dibuka langsung oleh Rektor UTS, Chaerul Hudaya, dan Wakil Rektor 3, Dwi Arianti, acara ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk menunjukkan hasil karya mereka dalam pengabdian kepada masyarakat, pengalaman langsung di dunia kerja, dan penelitian.

Selama acara berlangsung, Rektor dan para tamu yang hadir melakukan kunjungan ke setiap stan untuk melihat secara langsung hasil karya mahasiswa. Mereka mengapresiasi upaya mahasiswa dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat, baik melalui pengabdian langsung, kerja sama dengan industri, maupun melalui penelitian.

Desa-desa yang terlibat dalam acara ini mencakup 12 desa, antara lain Desa Simu, Labuhan Kuris, Lopok Beru, Tatede, Batu Bangka, Olat Rawa, Labuhan Ijuk, Nijang, Pukat, Banda, Kelungkung, dan Lenangguar. Selama kunjungan, juga dilakukan penandatanganan kerjasama antara UTS dengan Kepala Desa, yang menandai kolaborasi yang saling menguntungkan antara universitas dan masyarakat desa.

Selain dengan adanya program merdeka, ada pula mahasiswa program Prenuership yang diikuti oleh 15 mahasiswa yang terdistribusi dalam 10 unit usaha.

Ada 7 unit usaha yang dijalankan secara individu dan 3 unit usaha dijalankan secara kelompok. Produk yang di hasilkan berupa minuman herbal, kosmetik, kerajinan tangan, makanan dan minuman.

Selanjutnya, peserta UTS Mengajar berjumlah 45 orang, tersebar ke 7 sekolah, diantaranya SDN 16 Sumbawa, SMPN 3 Moyo Hulu, SMPN 2 Unter Iwes, SMPN 1 Labuan Badas, SMPN 3 Sumbawa, SDN Brang Biji, dan SDN 3 Sumbawa.

Dan terakhir program dari Internship berjumlah 109 mahasiswa yang tersebar ke beberapa instansi Brin, Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Balai Inseminasi Lobar, Kejaksaan Tinggi Negeri Sumbawa, BNN Kab. Sumbawa, Dinas Sosisal Kota Mataram, RRI Mataram, TVRI Mataram, UPTD PPA DP2KBP3A, Q Radio Mdia Victoria FM, PT Vasham, Seger Agro Nusantara, Polda NTB, Kantor Notaris Dewi Sartika.

Para mahasiswa menampilkan kreativitas mereka dalam mendekorasi stan sesuai dengan imajinasi masing-masing, yang berhasil menarik minat konsumen untuk melihat produk yang ditawarkan. Mereka dengan antusias menjelaskan hasil karya mereka mulai dari produk makanan, pupuk, kosmetik, hingga minuman. Kehadiran produk-produk ini memberikan gambaran nyata tentang kemampuan mahasiswa dalam berinovasi dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Expo Merdeka Belajar-Kampus Merdeka kali ini menjadi ajang yang membanggakan bagi Direktorat Pengabdian Kepada Masyarakat dan Penerapan Riset serta mahasiswa UTS. Melalui acara ini, mahasiswa berhasil menunjukkan komitmen mereka dalam berkontribusi secara nyata kepada masyarakat dan industri, sekaligus menghasilkan inovasi-inovasi yang menarik. Diharapkan, acara ini juga dapat membuka pintu kerjasama yang lebih luas antara UTS dan desa-desa terlibat, serta memberikan inspirasi bagi mahasiswa lain untuk terus berinovasi dan mengabdikan diri untuk kemajuan bangsa dan masyarakat.